Seminar Dunia
Pekerjaan
Oleh : Bapak
Heri
“ A Person Who Never made a
mistake never tried anything new “ oleh Albert Einstein. Salah adalah momok
bagi setiap orang untuk mencoba sesuatu, karena salah dapat membuat mereka
takut atau trauma untuk melakukan sesuatu. Tetapi sesungguhnya salah adalah awal
dari keberhasilan, bagai obat yang pahit di mulut tapi dapat menyembuhkan
penyakit. Walau gagal berkali – kali janganlah menyerah teruslah berusaha.
“ Your work is going to fill a
large part of your life and the only way to be truly satisfied is to do what
you believe is great work. And the only way to do great work is to love what
you do. If you haven`t found it yet, keep looking. Don`t settle. As with all
matters of the heart, you`ll know when you find it and like any great
relationship, it just gets better and better as years roll on. So Keep looking
until you find find it. Don`t settle “ oleh Steve Jobs. Pekerjaanmu / hasil
kerjamu adalah penyangga dalam hidupmu, pekerjaan yang akan menghasilkan
sesuatu yang hebat adalah pekerjaan yang kau cintai. Apabila kau belum
menemukan pekerjaan yang kau sukai teruslah mencari, jangan berhenti / putus
asa. Atau cintailah pekerjaanmu sekarang, karena cinta akan tumbuh sepanjang
hari dan menghasilkan emas.
“ Fows and simplicity, simple
can be harder than complex : You have to work hard to get your thinking clean
to make it simple. But it`s worth it in the end because once you get there, you
can move even mountain” oleh Steve Jobs. Kerja keras bukan berarti harus rumit,
semakin rumit kerjamu maka akan menyulitkanmu untuk meraih hasil yang bagus.
Maka, bekerjalah dengan simpel, semakin simpel semakin bagus. Tetapi simpel
bukan berarti asal – asalan, asal perkerjaan selesai beres, hal itu salah.
Sesungguhnya “simpel” membutuhkan kerja keras untuk mencapainya.
“Technology is just a tool. In
terms of getting the kids working together and motivating them, the teacher is
most important” oleh Bill Gates. Apa yang dibutuhkan untuk sukses? Teknologi
canggih? Peralatan kerja komplit? Tetapi kunci utama dalam sebuah dunia kerja
adalah kerja sama. Teknologi hanya alat agar membuat anak – anak termotivasi
dalam pelajaran, sesungguhnya “teman” adalah kunci menuju sukses dan dapat
menjadi guru yang baik.
Seminar Developing
Good Communication Skills
Oleh : Ibu Sri
Hariani Eko Wulandari
52 % Remaja putus pacaran karena
masalah komunikasi :
1. Long distance relationship
2. Kesibukan belajar sehingga
jarang bertemu
3. Susah menyampaikan apa yang
dimaksud
4. Miskomunikasi
5. Ditinggal pacar karena mencari
pasangan lain yang lebih bisa diajak bicara
10 Common Traits of The Best
Business Leaders :
1. Passion
2. Intelligence and Clarity of
Thinking
3. Great communication skills
4. High Energy Level
5. Egos in Check
6. Inner Peace
7. Capitalizing of Formative Early
Life Experiences
8. Strong Family Lifes
9. Positive Attitude
10. Focus on “ Doing the Right Thing
Right “
Komunikasi adalah :
v Bagian penting dari mempengaruhi orang lain untuk
memperoleh apa yang kita inginkan
v Dari semua pengetahuan & keterampilan yang anda miliki,
pengetahuan & keterampilan komunikasi termasuk di antara yang paling
penting & berguna. Karena ruang lingkup komunikasi meliputi komunikasi
dengan diri sendiri, dengan orang lain, komunikasi kelompok & komunikasi
yang lain ( J.A. Devito, 1997 )
v Kemampuan berkomunikasi menunjukkan kemampuan mengrimkan
pesan dengan jelas, manusiawi dan efisien dan menerima pesan – pesan secara
akurat ( D. B. Curtiss, 1992 )
Komponen dalam Komunikasi :
v Ide / gagasan
v Komunikator
v Penerima
v Pesan yang jelas
v Media yang tepat
v Strategi yang sesuai
v Memberikan persepsi yang seragam
v Panca indra penerima yang baik
Jenis Komunikasi :
1 . Komunikasi Perorangan ( Interpersonal Communication ) :
Sering disebut komunikasi tatap
muka secara langsung. Kelebihan dari komunikasi ini adalah komunikasi langsung
sampai dan dimengerti karena apabila tidak dimengerti akan dapat langsung
dinyatakan
2. Komunikasi Berkelompok ( Group Communication ) :
2. Komunikasi Berkelompok ( Group Communication ) :
Komunikasi yang melibatkan lebih
dari satu orang sekaligus. Kelebihan komunikasi ini adalah dapat menyampaikan
pesan langsung terhadap banyak orang. Kekurangannya, pesan yang disampaikan
dapat berbeda penerimaannya untuk tiap orang yang menyebabkan miscomunication.
Prin sip Dasar Komunikasi :
v Apapun yang kita lakukan adalah komunikasi
v Cara yang kita mulai memulai pembicaraan seringkali
menentukan hasil komunikasi
v Cara kita menyampaikan pesan selalu berpengaruh terhadap
bagaimana pesan itu diterima & dipahami
v Cara kita menyampaikan pesan selalu berpengaruh terhadap
bagaimana pesan itu diterima & dipahami
v Komunikasi yang sebenarnya adalah pesan yang diterima, bukan
pesan yang disampaikan
v Komunikasi merupakan jalan 2 arah, kita harus memberikan
sebaik yang kita terima
Contoh Kasus Miskomunikasi :
1. Prita Mulyasari
2. Nur Arafah / Farah
3. Ibnu, mahasiswa dari Bali
(Mahasiswa yang akan diusir dari tempat tinggalnya)
Enam C dalam memberikan
informasi yang baik :
1. Clear
2. Concise
3. Complete
4. Couteous
5. Correct
6. Concrete
TIPS & TRICk :
1. Penelitian menyatakan 70%
kesalahan di dunia pekerjaan adalah hasil dari komunikasi yang buruk
2. Tunjukkan kalau anda punya
empati
3. Memperlakukan orang lain dengan
gentle dan lembut. Jangan kasar dan membentak
4. Membantu orang lain jangan demi
“FULUS” tapi dengan “TULUS”
5. Hilangkan hambatan komunikasi
apapun resikonya
6. Good leadership start with good
communication
0 komentar:
Posting Komentar