G.M.
dan Chrysler Explore Merger
DETROIT - General Motors sedang dalam pembicaraan awal tentang kemungkinan
merger dengan Chrysler, sebuah kesepakatan yang drastis bisa remake lanskap
industri otomotif dengan mengurangi Tiga Besar mobil Detroit untuk Besar Dua.
Perbesar Gambar Ini
David Zalubowski / Associated Press
General Motors dan Chrysler keduanya berjuang untuk menjual kendaraan
sebagai ekonomi sours.
Terkait
Topik kali: General Motors Corporation
Topik kali: Chrysler LLC
General Motors Corp
Pembicaraan antara G.M. dan Cerberus Capital Management, perusahaan
ekuitas swasta yang memiliki Chrysler, mulai lebih dari sebulan lalu, dan
negosiasi tidak yakin untuk menghasilkan kesepakatan. Dua orang yang dekat
dengan proses itu mengatakan kemungkinan merger adalah "50-50" pada
Jumat dan akan kemungkinan besar masih memerlukan beberapa minggu untuk bekerja
keluar.
Merger A akan menjadi peristiwa bersejarah, dengan dua nama yang paling
ikonik dalam industri Amerika datang bersama-sama untuk bertahan hidup dalam
lingkungan yang semakin sulit. Keduanya memiliki akar dating kembali beberapa
dekade di Detroit dan, dengan Ford, lama mendominasi industri otomotif - sampai
Jepang dan pembuat mobil lainnya asing mulai membuat terobosan ke pasar
Amerika.
Industri otomotif sedang memukul dari semua sisi - dengan harga gas yang tinggi
yang telah memburuk menguntungkan konsumen pada SUV, oleh ekonomi pelunakan
yang memiliki pembeli takut pergi dari ruang pamer, dan kredit ketat yang
membuat sulit bagi pembeli bersedia untuk mendapatkan pinjaman. Kedua G.M. dan
Chrysler telah berjuang dengan Formasi produk yang tidak sinkron dengan
permintaan konsumen untuk lebih kecil, mobil lebih hemat bahan bakar.
Saham General Motors telah jatuh dari lebih dari $ 43 per saham tahun lalu
menjadi kurang dari $ 5, dan pembakaran melalui menimbun kas pada tingkat yang
cepat. Chrysler, sebagai perusahaan swasta, tidak lagi perlu untuk melaporkan
keuangannya.
Pertemuan antara General Motors dan Cerberus mulai lebih dari sebulan lalu,
kata orang-orang akrab dengan diskusi, dan perusahaan telah mengadakan beberapa
pembicaraan yang melibatkan eksekutif mereka yang paling senior. Mengingat
bahwa kedua G.M. dan Chrysler yang berjuang, kedua belah pihak dapat menentukan
merger mungkin tidak dalam kepentingan terbaik mereka.
Pembicaraan eksplorasi telah memasukkan perdebatan berbagai perhitungan
penghematan yang akan dihasilkan dari merger, kata orang-orang ini, namun tidak
ada pihak belum menggali ke dalam buku pribadi satu sama lain 'keuangan dan
catatan.
Pada saat yang sama, Cerberus terus mengadakan pembicaraan dengan produsen
mobil lainnya termasuk Nissan dan Renault, mengatakan orang-orang akrab dengan
diskusi. Tidak jelas pada tahap apa mereka diskusi telah mencapai.
Spekulasi tentang kemungkinan pengajuan kebangkrutan oleh GM telah dipasang
dalam beberapa pekan terakhir karena berkurangnya cadangan kas mobil. Mobil
telah $ 21 milyar di kas pada akhir kuartal kedua, tapi itu terbakar melalui
lebih dari $ 1 miliar per bulan.
Peringkat kredit perusahaan Standard & Poor menempatkan GM pada jam kredit
negatif pada hari Kamis.
Tapi G.M. mengatakan mereka yakin bahwa hal itu dapat meningkatkan likuiditas,
dan ditekankan dalam pernyataan yang dikeluarkan Kamis bahwa itu tidak
mempertimbangkan pengajuan kebangkrutan.
G.M. pernah memerintahkan sekitar 50 persen dari pasar kendaraan Amerika, namun
pangsa sejauh tahun ini telah jatuh ke 22 persen, menurut perusahaan riset
Autodata. Chrysler memiliki pangsa pasar sekitar 15 persen sebelum akuisisi
pada tahun 1998 oleh Daimler, namun sahamnya tahun ini telah menyusut menjadi
11 persen.
Bagaimana pemerintah dan tenaga kerja mungkin bereaksi terhadap penggabungan
potensi GM dan Chrysler tidak jelas. Pertanyaan antitrust bisa dinaikkan,
tetapi isu-isu politik dapat dibayangi oleh prospek keuangan yang berbahaya
dari kedua mobil.
Jika GM, produsen mobil terbesar di negara itu, operasi gabungan dengan
Chrysler, yang terkecil dari Detroit Big Three, mereka akan menciptakan raksasa
otomotif yang akan melampaui Jepang Toyota Motor Company, yang baru-baru telah
memerangi GM untuk hak membual sebagai pembuat mobil terbesar di dunia.
Sebuah G.M. Juru bicara menolak memberikan komentar pada setiap pembicaraan
khusus dengan Chrysler. "Tanpa referensi rumor ini tertentu, seperti yang
kita sering mengatakan GM pejabat secara rutin membahas isu-isu kepentingan
bersama dengan mobil lainnya, "kata juru bicara, Tony Cervone.
Tidak ada komentar segera dari Cerberus.
Orang-orang diberitahu tentang kesepakatan mengatakan pembicaraan dimulai
sebagai sebuah eksplorasi kemungkinan peluang usaha patungan antara GM dan
Chrysler.
Cerberus mengakuisisi 80,1 persen saham di Chrysler pada bulan Agustus 2007
sebesar $ 7,4 miliar dari pembuat mobil Jerman Daimler AG.
Menurut ketentuan kesepakatan yang sedang dibahas, Cerberus akan berakhir
memiliki kepemilikan saham tidak ditentukan di GM-Chrysler, orang penjelasan
tentang perundingan mengatakan.
Konsekuensi dari merger akan sangat besar di industri otomotif global. G.M. dan
Chrysler bersama-sama akan mengendalikan lebih dari 35 persen dari pasar
kendaraan Amerika Serikat, dan sejauh ini produsen dominan truk pickup,
kendaraan sport dan minivan.
Hal ini juga akan menikah merek seperti Amerika ikon sebagai GM Chevrolet dan
Cadillac dengan Jeep Chrysler Dodge dan divisi.
Namun, merger membawa potensi risiko yang sangat besar. Kedua G.M. dan Chrysler
yang berjuang mati-matian dalam apa yang terburuk untuk pasar penjualan
kendaraan di Amerika Serikat dalam 15 tahun.
Orang yang dekat dengan diskusi mengatakan bahwa jika kesepakatan calon tidak
terjadi, Cerberus mungkin akan melihat ke Nissan dan Renault.
Tapi perkawinan G.M. dan Chrysler telah jauh lebih potensial dari hitching
Chrysler untuk sebuah mobil asing. Sementara G.M. dan Chrysler dapat
dilumpuhkan dengan kontrak kerja dari pekerjaan memotong, kedua perusahaan bisa
menggabungkan dealer, lini produk dan teknologi kendaraan canggih.
Bill Vlasic melaporkan dari Detroit dan Andrew Ross Sorkin dari New York.
Michael J. de la Merced pelaporan memberikan kontribusi.
Eksekutif di General Motors dan Chrysler mempercepat untuk menempatkan rencana
yang dapat dikerjakan untuk memulihkan usaha mereka goyah. Tapi ini mungkin
salah satu ras mereka tidak mungkin untuk menang.
Pada hari Senin, Presiden Obama mengatakan perubahan rencana bahwa dua mobil
disajikan kepada Kongres awal tahun ini belum pergi cukup jauh. Dia memberi
mereka satu kesempatan terakhir untuk mengubah operasi mereka di sekitar,
meningkatkan ancaman bahwa ia mungkin memaksa GM menjadi kebangkrutan, cepat
berhasil jika itu terbukti menjadi cara tercepat untuk mengembalikannya ke
kesehatan.
Langkah-langkah Obama itu drastis. Chrysler menerima pendanaan selama 30 hari
untuk menyelesaikan kemitraan dengan pembuat mobil Italia Fiat, setelah itu
pemerintah tidak akan lagi terus mendanai itu. GM mendapat 60 hari senilai dana
untuk merevisi rencana turnaround. Meskipun tenggat waktu yang sulit, beberapa
bentuk kebangkrutan dikelola sekarang tampak seperti pilihan yang paling
mungkin untuk GM, analis mengatakan. Dan itu sebuah langkah yang bisa memiliki
efek samping membunuh, paling tidak yang akan kepercayaan rendah dalam produk
GM.
"Saya tidak menyangka akan mendengar diriku berkata kebangkrutan GM
mungkin, tapi aku mengatakan sekarang," kata John Wolkonowicz, seorang
analis industri otomotif senior dengan IHS Global Insight. "Saya pikir
daftar persyaratan bahwa pemerintah memberikan GM berarti kebangkrutan, quickie
terstruktur hampir yakin karena saya tidak berpikir mereka dapat mencapai apa
yang pemerintah ingin mereka untuk bisa dilakukan dalam 60 hari."
Dengan batas waktu 1 Juni untuk menyelesaikan perubahan dicari oleh pemerintah,
GM CEO baru Fritz Henderson mengatakan, Selasa lebih dari pabriknya bisa
menutup dan kemungkinan untuk menawarkan program lain pembelian kepada pekerja
seperti yang terlihat untuk memotong biaya tenaga kerja. Henderson juga
mengatakan bahwa meskipun GM akan memilih untuk tidak menggunakan perlindungan
kebangkrutan untuk menyelamatkan dirinya sendiri, itu adalah "pasti lebih
mungkin" daripada di masa lalu.
GM dan Chrysler telah menghabiskan bulan pengupas kendaraan mereka tingkat
produksi, penutupan pabrik dan tenaga kerja mereka menyusut. Tapi tantangan
terbesar mereka telah berusaha untuk mengamankan konsesi biaya tenaga kerja
yang cukup dari Amerika serikat Auto Workers dan membujuk pemegang obligasi
enggan untuk menerima syarat yang tidak menguntungkan pada utang GM ingin
mereka untuk swap untuk ekuitas di perusahaan.
Hal-hal ini masih belum terselesaikan. Dan meskipun pemerintahan Obama telah
mengatakan kebangkrutan tidak disukai atau tertentu, perasaan di antara
pengamat industri banyak adalah kebangkrutan dikelola mungkin satu-satunya cara
untuk memaksa melalui perubahan yang diperlukan. Secara umum, kebangkrutan akan
mematahkan kontrak serikat berat dan memaksa pemegang obligasi untuk menerima
syarat yang kurang menguntungkan.
Iklan | AdChoices
Sebuah kebangkrutan untuk GM tidak akan kebangkrutan dalam arti sebenarnya dari
kata tersebut. Dalam pengajuan Bab 11 kebangkrutan tradisional, GM akan
mendapatkan "ruang bernapas" untuk bekerja di luar urusan dan
menerapkan rencana bisnis baru. Itu tindakan telah umum ditolak karena bisa
membuktikan panjang dan kemungkinan akan mendorong konsumen menjauh dari mobil
merek mobil '.
Kursus alternatif tindakan yang disarankan oleh beberapa pendukung membiarkan
GM masuk ke kurator adalah apa yang dikenal sebagai kebangkrutan
"dikemas" - satu di mana perusahaan mempersiapkan reorganisasi dalam
kerjasama dengan kreditur dan mengimplementasikannya segera setelah memasuki
kebangkrutan.
Tetapi mengingat ketidakmampuan mobil untuk menegosiasikan konsesi dari
kreditor dan serikat buruh untuk saat ini, kebangkrutan dikemas tidak lagi
tampak seperti pilihan, kata Douglas Baird, seorang profesor hukum di Fakultas
Hukum Universitas Chicago.
"A 'dikemas' kebangkrutan adalah satu di mana Anda berbaris perjanjian
Anda dengan pihak dari waktu ke depan, tapi itu bukan sesuatu yang dapat Anda
lakukan dalam kasus ini karena ada pihak yang terlalu banyak terlibat,"
katanya. "Jadi apa yang Anda akan miliki adalah 'yang telah diatur
sebelumnya' bentuk kebangkrutan. Salah satu di mana Anda masuk ke kebangkrutan
dengan rencana dan Anda menjejalkan ke bawah pada para pihak yang terpisah.
"
GM mungkin menjadi perusahaan operasional yang layak, tapi itu tidak akan
pernah menghasilkan uang cukup untuk membayar kreditur, Baird mengatakan.
Memang menurut analis Deutsche Bank Rod Lache, GM masih bisa dibebani dengan
hampir menjadi $ 74 miliar utang setelah restrukturisasi, termasuk $ 18 miliar
pada pinjaman pemerintah - yang dekat sampai 50 kali kapitalisasi pasar saat
ini GM.
"GM memiliki dua masalah: Yang pertama adalah struktur modal yang sia-sia,
dan yang kedua adalah itu harus datang dengan rencana bisnis yang layak, dan
itu jelas belum melakukannya belum," kata Baird. "Kepailitan tidak
bisa mengatakan perusahaan bagaimana menjadi perusahaan yang sukses, tetapi
dapat membersihkan neraca perusahaan dan itulah apa yang akan terjadi dalam
kasus ini. Memecahkan kekacauan struktur modal telah terjadi dan kebangkrutan
adalah cara untuk memperbaikinya. "
Di bawah semacam restrukturisasi kebangkrutan besar yang dikelola akan membawa,
lebih dari merek GM yang mungkin untuk pergi. Mobil ini telah mengatakan ingin
untuk menjual Saab dan divisi Hummer dan fase keluar Saturnus. Setelah
panggilan Obama untuk GM untuk menerapkan tindakan lebih membatasi, Buick,
Pontiac dan GMC yang mungkin untuk pergi juga, kata IHS Global Insight
Wolkonowicz. Yang akan meninggalkan mobil hanya dengan dua operasi inti AS:
Chevy dan Cadillac.
Penipisan keluar dari merek GM menimbulkan masalah jaminan kendaraan dan nilai
jual kembali. Dengan penjualan otomotif AS yang sudah pada tingkat terendah
dalam beberapa dekade, mobil dapat ditekan lebih lanjut jika konsumen
menghindar dari membeli mobil dari sebuah mobil bangkrut. Pemerintahan Obama
telah berusaha untuk mengurangi masalah itu dengan menawarkan jaminan
sementara: Bahkan jika pembuat mobil bangkrut atau keluar dari bisnis
sepenuhnya, pemilik mobil akan tetap bisa mendapatkan mobil mereka dilayani di
bawah jaminan-produsen mobil mereka '.
Namun, yang mungkin tidak cukup untuk membujuk pembeli mobil baru. Menurut
sebuah survei baru dari Consumer Reports Pusat Penelitian Nasional, lebih dari
tiga perempat (78 persen) dari pembeli mobil mengatakan mereka tidak mungkin
untuk mempertimbangkan membeli sebuah mobil baru dari mobil dalam kebangkrutan,
sementara 64 persen mengatakan mereka akan sangat tidak mungkin untuk membeli
satu.
Kepailitan, bahkan dalam bentuk yang dikelola, memiliki beberapa konsekuensi
substansial untuk GM, menurut Jack Nerad, analis pasar eksekutif untuk Kelley
Blue Book, yang melacak industri otomotif.
"GM telah melihat penurunan pangsa pasar dari hanya berbicara tentang
kebangkrutan mungkin, dan jadi jika mereka masuk ke kebangkrutan Saya pikir
akan ada penurunan dipercepat dalam persepsi konsumen. Sebuah mobil adalah
pembelian yang terlihat, itu tidak seperti mesin cuci. Anda berbicara tentang
hal itu dengan tetangga Anda. Begitu pun dengan jaminan pemerintah ada masalah
persepsi, dan itu sulit bagi saya untuk merenungkan kebangkrutan membantu
permintaan konsumen untuk produk GM, dan saya pikir setidaknya mempertahankan
atau tumbuh GM permintaan untuk produk sangat penting untuk kelangsungan hidup
masa depan dan kesuksesan. "
Ada konsekuensi lain yang tidak diinginkan dari kebangkrutan: Jika GM berhasil menjadi
produsen mobil, lebih ramping lebih kejam, yang bisa mengubah Ford saingan
menjadi perusahaan yang lebih lemah. Ford adalah produsen mobil AS hanya yang
belum meminta dana pemerintah untuk bertahan hidup. Hal ini terseok-seok pada
uang yang terbuat dari banyak menggadaikan asetnya. Hal ini juga melakukan
renegosiasi kontrak dengan serikat UAW dan disegel kesepakatan debt-for-saham
dengan pemegang obligasi.
"Pemerintah benar-benar mengubah aturan di sini, dan itu telah menarik
karpet dari bawah Ford," kata Wolkonowicz. "Pemerintah Obama kini
telah memutuskan untuk membangun perusahaan ini otomatis supercompetitive di
GM, jadi jika Ford tidak dapat membuat dirinya menjadi gambar cermin bahwa
mereka akan mengalami kesulitan dalam bersaing. Pemerintah telah khawatir
tentang dampak pada Ford sekarang.
0 komentar:
Posting Komentar