Tugas_PTI01_Nur Alfi Syahri_STO211
NIM : 11410100091
Dosen : Pak Chayadi Oktomy Noto Susanto
Kasus Laptop
Dell :
Kasus
overheat baterai dan meledaknya laptop keluaran pabrikan Dell Inc.
kembali muncul, kali ini kejadian tersebut terjadi di Amerika
Serikat. Hendrik, seorang pekerja di Illinois, melaporkan meledaknya
laptop itu terjadi di ruang teknisi kantornya. Setelah mendengar
ledakan dan mencium bau terbakar, Hendrik langsung menuju ke ruang
teknisi dan menemukan sebuah laptop yang sedang mengeluarkan api.
“Saya menemukan laptop merek Dell milik seseorang di ruangan
teknisi yang meledak dan mulai mengobarkan api disekitarnya”.
Hendrik juga melaporkan bahwa ledakan kali ini sungguh dahsyat hingga
mampu membuat lubang pada badan laptop yang terbakar itu, “ledakan
baterai tersebut membuatnya terbakar dan langsung menuju ke badan
laptop, kemudian membentuk lubang” tutur Hendrik. Sebelumnya kasus
meledaknya laptop Dell juga terjadi di ruang konferensi Jepang, pada
bulan Juni 2006 yang lalu.
Kasus
Overheat yang menjadi sebuah ledakan ini dikabarkan sudah timbul
sejak tahun 2003. Pihak Dell sempat menyelidiki kasus Overheat ini,
namun hingga kini belum ada penjelasan lebih rinci dari pihak Dell
mengenai kasus tersebut. Pihak Dell mengatakan akan menarik sekitar
4,1 juta baterai hasil produksinya. Hal ini terkait dengan kasus
overheat dan meledaknya laptop Dell yang akhir – akhir ini sering
terjadi, kejadian - kejadian tersebut membuat pemilik laptop /
notebook merek Dell ketakutan akan terjadi hal yang sama ( meledak ).
Menurut pengakuan pihak Dell, baterai yang telah ditarik adalah
baterai yang dibuat oleh Sony Energy Devices, baterai tersebut
termasuk baterai yang digunakan di laptop Latitude, Inspiron dan XPS.
Pihak Dell menambahkan bahwa penarikan baterai bermasalah tersebut
dilakukan dengan sukarela demi menghindari hal – hal yang tidak
diinginkan, karena diduga baterai tersebut adalah penyebab overheat
yang dapat mengeluarkan api.
Menurut pihak
Dell, penarikan tersebut adalah yang terbesar sejak 22 tahun Dell
mulai berkiprah di dunia komputer. Penarikan tersebut melibatkan 18%
dari 22 juta laptop Dell yang dijual antara 1 April 2004 dan 18 Juli
2006. Penarikan tersebut dilakukan untuk menyegarkan kembali “image”
Dell. Mengenai kasus ini, perwakilan dari Sony Energy Device Corp.
Selaku pembuat baterai tersebut, masih belum bisa ditemui untuk
dimintai keterangan. Dell juga pernah menarik beberapa baterainya
pada tahun 2000, 2001, dan 2004, bahkan Desember 2005 lalu, Dell juga
telah menarik 22.000 unit baterainya dari pasaran
Bahasan Michael Dell
Point
Pertama
Pada
tahun 1983, pada saat Michael Dell masih berusia 18 tahun dan dengan
uang sebesar US $1.000, Michael Dell menyadari dia memiliki ambisi
dalam hidupnya
dan mulai menjual upgrade PC dan add-on komponen dari kamar di asramanya di
University of Texas, Austin. Di kamar inilah secara resmi menjadi Korporasi Komputer Dell pada Mei 1984. Dengan pesatnya pertumbuhan perusahaan, Dell go public pada bulan Juni 1988.
dan mulai menjual upgrade PC dan add-on komponen dari kamar di asramanya di
University of Texas, Austin. Di kamar inilah secara resmi menjadi Korporasi Komputer Dell pada Mei 1984. Dengan pesatnya pertumbuhan perusahaan, Dell go public pada bulan Juni 1988.
Perusahaan
ini didirikan dengan konsep sederhana: bahwa dengan menjual secara
langsung komputer pribadi ke pelanggan, kita dapat lebih mudah
mengetahui kebutuhan pelanggan dan dapat memberikan solusi komputasi
yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dell menjual
secara langsung kepada pelanggan, berhadapan langsung dengan pemasok
dan dikomunikasikan secara langsung dengan karyawan, semua dilakukan
tanpa perantara. Kepada pelanggan, baik konsumen biasa atau korporasi
multinasional, Dell merupakan satu titik kontak dan akuntabilitas
mereka.
Berhubungan langsung dengan pelanggan berarti bahwa Dell tahu persis apa yang diinginkan pelanggan.
Berhubungan langsung dengan pelanggan berarti bahwa Dell tahu persis apa yang diinginkan pelanggan.
Sepuluh
tahun, Dell menduduki peringkat nomor dua dan yang paling cepat
berkembang di antara semua perusahaan-perusahaan sistem komputer
utama di seluruh dunia dengan lebih dari 26.000 karyawan di seluruh
dunia.
Dell
telah menerapkan suatu strategi ekspansi yang melibatkan penyeleksian
negara atau teritori dimana akan dilakukan pengenalan direct
model. Strategi
yang sama diterapkan pada tiap Negara.
Kesuksesan
Dell terletak pada bisnis langsung ke konsumen yang merupakan model
revolusioner pada industry PC pertama di AS dan kemudian di lebih
dari 170 negara di seluruh dunia. Perusahaan telah menetapkan standar
biaya dan kinerja di seluruh dunia,
Point
Kedua
Michael
Dell mulai memperhatikan masa depan perusahaanya. Jika perusahaanya
tidak berkembang atau tidak melakukan ekspansi maka perusaahaannya
akan rentan terhadap konsolidasi yang sering terjadi dalam industri
PC. Pada musim gugur 1986, Michael mengadakan pertemuan dengan para
eksekutif perusahaan untuk membicarakan perihal ekspansi global
perusahaan mereka.
Pada
bulan Juni 1987, Dell ventured dari Amerika Serikat untuk pertama
kalinya memulai bisnis di Inggris. Lebih dari 11 operasi
internasional dibuka pada periode 1987-1991. Pada 1994, Dell memiliki
anak perusahaan Internasional di 14 negara yang menjual dan mendukung
produk lebih dari 100 pasar tambahan melalui kesepakatan bermitra
dengan distributor teknologi. Pada tahun 1995, konstruksi dimulai
pada Pusat Pelanggan Asia Pasifik (APCC) di Penang, Malaysia. Pada
tengah tahun pertama tahun 1995, Dell membuka kantor di enam negara
di wilayah Asia Pasifik ini. Malaysia menjadi penghubung jaringan
pemasaran dan penjualan di Asia Pasifik yang meliputi Australia,
China, Hong Kong, India, Indonesia, Korea, Malaysia, Selandia Baru
Filipina, Singapura, Taiwan dan Thailand. Pada tahun 1998, manufaktur
Xiamen dan pusat layanan (Pusat Pelanggan Cina) dibuka. Kantor pusat
regional Dell Asia Pasifik terdapat di Hong Kong. Pada tahun 1998,
kantor-kantor penjualan Dell dioperasikan di 33 negara dan melayani
pelanggan di lebih dari 170 negara dan teritori di seluruh dunia.
Bisnis
Dell telah berkembang dari US $ 6,2 juta ke US $ 21,7 miliar pada
tahun 1985. Pada tahun 1999 Dell berada di peringkat kedua baik di
Amerika Serikat dan di seluruh dunia pasar PC. Lalu pada tahun 1996,
Dell kembali mengoyang industri PC dengan cara membuat pendekatan
langsung bahkan langsung melalui Internet. Dell On-line nampaknya
merupakan kemajuan alami untuk Dell. Pada kuartal pertama tahun 1997,
Pada
bulan April 1997, Dell membentuk perusahaan leasing Joint venture
bernama Dell Financial, menyediakan layanan dengan berbagai pilihan
leasing fleksibel langsung ke pelanggan Dell di AS dan akhirnya di
seluruh dunia.
Pada
Desember 1997, Dell telah mengambil posisi IBM dengan menjadi pemasok
terbesar kedua computer desktop di seluruh dunia. Dell kembali
memimpin industri dalam pertumbuhan unit pengiriman, penerimaan dan
penghasilan.
Dell
menghasilkan produk yang digunakan oleh berbagai negara di dunia.
Secara otomatis setiap perubahan dalam perusahaan tersebut akan
mempengaruhi pihak pengguna dalam hal ini penggunanya sudah berskala
global.
Point
Ketiga
Pada
tahun 1996, mengoyang industri PC dengan cara membuat pendekatan
langsung bahkan langsung melalui Internet.. Hingga akhir 2000, Dell
diantisipasi bahwa setengah dari total bisnis (penjualan, layanan dan
dukungan) akan dilakukan secara on-line. Internet memiliki potensi
untuk mengubah wajah industri PC. Dell bertujuan untuk menganggap
sebuah posisi kepemimpinan dalam Internet commerce, Internet
mendefinisikan model bisnis sebagai perpanjangan dari direct
model.
Melalui
www.dell.com,
Dell mampu meningkatkan performansinya secara drastic, karena seluruh
pelanggan yang ada di seluruh dunia bisa melakukan pembelian produk
dan jasa dimanapun mereka berada.
0 komentar:
Posting Komentar